Pelantikan Pramuka Bantara

Bantara merupakan suatu tingkatan bagi Pramuka penegak yang telah menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum tingkat Bantara, seorang anggota pramuka yang mampu mengembangkan dirinya sehingga dapat berguna bagi dirinya sendiri, orang tua maupun masyarakat.

Kamis malam (19/3) lalu, telah diadakan pelantikan Bantara Gugus Depan 11-078 Dewi Sartika dan Ra Kartini Pondok Pesantren Darul Muttaqien. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh santri putri kelas 4 yang telah menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum dan sudah mengikuti pelantikan Ambalan. Dari 66 peserta santri kelas 4 dibagi menjadi 5 sangga (kelompok) antara lain: Penegas, Pendobrak, Pelaksana, Perintis, dan Pencoba, seluruh sangga dipimpin oleh Silvana Agma Kusuma dan Nurul Dewi Aulia sebagai Pradana yang mana tugasnya adalah bertanggung jawab atas seluruh sangga.

Materi yang diujikan tidak hanya mengutamakan pengetahuan tentang kepramukaan, akan tetapi mental dan fisik juga harus dipersiapkan, agar menumbuhkan kepribadian yang sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Dharma. Dalam hal ini kak Siti Nida Fadilla sebagai ketua bagian Pramuka sudah mempersiapkannya. menariknya dari kegiatan kali ini adalah ketidaktahuan peserta akan diadakannya pelantikan Bantara, sehingga tidak adanya persiapan mereka akan diuji menunjukkan bahwa mereka telah siap menghadapi apapun tantangannya.

Kegiatan dimulai dari kamis (19/3) jam 4 sore dan selesai pada hari jum’at (20/3) sebelum adzan shubuh, walaupun malam itu turun hujan akan tetapi kegiatan berjalan dengan lancar. Untuk kegiatan pengukuhan Bantara rencana akan dilaksanakan pada kamis 26 maret 2015 pada saat upacara mingguan pramuka. (syifa – ade – emira)

bantara

Comments

comments

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *