Khotmul Qur’an Angkatan IX

DSC_1153 IMG_4535

Ahad, 15 Jumadil Akhir 1436 H, yang bertepatan pada 5 April 2015, diadakannya Khatmul Qur’an santri putra. Acara dilaksanakan di masjid putra yang disaksikan oleh seluruh santri putra, dan dihadiri oleh Pimpinan Pesantren, beberapa pendidik serta wali santri peserta Khotmul Qur’an.

Acara dimulai dengan penampilan hadroh, dan dilanjutkan dengan sambutan oleh pimpinan, dalam sambutan beliau menekankan apabila ada seseorang yang sedang membaca Al-Qur’an maka dengarkanlah serta perhatikanlah, dan tidak dibenarkan bagi kita untuk mewariskan bacaan yang salah karena bacaan yang benar itu sesungguhnya mudah. Begitu ungkap KH. Mad Rodja Sukarta dalam sambutannya.

Peserta berjumlah 30 dari santi Tsanawiyah dan Aliyah, berikut adalah peserta Khotmul Qur’an angkatan ke-9, yakni, Faqih, Aidil Akbar, Chairul Rafi, Erick, Farhan Ramadhan, A. Fachri, T.B Geri Gravien Al-Fath, Daud Maulana, Bayan Rahman, Arsy Rizaldi, Muharom Hasbi, Gunawan, Faisal Ridho, Dzikra Yafi, Rizki Khamansyah, Rizki Farhandi, Badar Syabila, Farian Hafidz, Randi, Alfendo, Fahmi Romli, Afrizal Hijri, Rifki Praditya, Amar Maulana, Rizki Akbar, Daffa Rizaldi, Anriansyah, Raditya Atmandanu, Haidar Mahabir, dan M. Dzaki Fauzan’

Namun, yang berbeda tahun ini adalah adanya ujian muraja’ah trahfidz Al-Qur’an, merupakan suatu penghargaan bagi Rafli Maulana Husein, santri kelas 3B yang telah hafal 7 juz, sedang penguji muraja’ah adalah Ust. Salim (kepala pengasuhan putra) dan Ust. Saefudin (pembina tahfidz Al-Qur’an). Dengan disaksikan oleh seluruh santri putra, dengan lancara ia mampu melanjutkan ayat-ayat yang diujikan tentu dengan bacaan makhraj dan tajwid yang benar. Usai ujian muraja’ah tahfidz Al-Qur’an, dilanjutkan dengan prosesi Khotmul Qur’an oleh 30 peserta. Diawali dengan pembacaan asmaul husna dan sholawat nariyah, pembacaan surat Al-Fatihah dan surat-surat pendek, serta pembacaan kaidah tajwid dan bacaan garib.

Sebagai penutup acara, dalam tausyiahnya ust. Syukron Kamil mengatakan “bahwa kita wajib mempelajari Al-Qur’an dan kemudian mengamalkannya”.

DSC_1121

Comments

comments

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *