Santri Bermental Kuat; Santri Berprestasi

Sambutan Ust. H. Turkamun, S.Ag (Kepala Divisi Pengawas Pendidikan) pada upacara Pembukaan Tahun Pendidikan 2016-2017

Hidup di pesantren itu tidak sama dengan hidup di rumah. Hidup di pesantren itu harus kuat mentalnya. Harus bisa memilih mana yang baik dan tidak baik karena tidak semua yang datang ini membawa kebaikan. Pasti ada diantara jumlah-jumlah itu ada yang membawa tidak baik. Tapi mudah-mudahan jumlah yang sedikit itu mempengaruhi yang banyak. Oleh karena itu anak-anak sekalian, pilihlah teman yang bisa mendukung untuk belajar.

Jadi, prinsip belajar yang pertama adalah harus kuat niatnya kemudian juga harus kuat ikhtiarnya dan juga do’anya. Mudah-mudahan kita semua diberikan oleh Allah kemudahan belajar. Yang kecil harus menghormati yang besar dan yang besar harus menyayangi yang kecil.

Harus saling membantu, dan seluruh kegiatan di pesantren ini adalah kagiatan belajar. Jadi yang kita pahami dan kita mengerti bahwa belajar tidak Cuma di kelas. Bapak pimpinan mengatakan bahwa pesantren ini bukanlah sekolahan, tapi ini adalah pesantren dan seluruh hal yang ada di pondok ini adalah sarana pendidikan.

Semua hal yang ada di pondok ini seluruhnya adalah sarana pendidikan dan harus ada nilai pendidikannya. Mulai hari ini semua guru-guru kita sudah siap dan hadir di pesantren dan menemani kita untuk belajar, dan belajar itu harus sungguh-sungguh sehingga kita mendapatkan hasil yang maksimal. Mudah-mudahan kita semuanya diberikan kemudahan oleh Allah SWT, diberikan kelancaran dalam belajarnya, diberikan kesehatan. Amin ya robbal ‘alamiin..

Comments

comments

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *