PERKUTSYI; Mendidik Tanggungjawab dan Kekompakan

Rabu, 3/8. Serluruh santri berkumpul di lapangan utama guna melaksanakan upacara pembukaan salah satu kegiatan dari rentetan kegiatan PORSEKA yaitu Perkutsyi (Perkemahan Khutbatul ‘Arsyi). Kegiatan yang biasa dilaksanakan selama dua hari ini, agar santri mengenal tentang pramuka.

Lapangan hijau sudah tampak coklat oleh santri-santri berseragam pramuka lengkap sejak pukul 07.30 pagi, kemudian jam 08.00 lapangan mulai terlihat rapih dan khidmat ketika terdengar MC membacakan teks acara, menandakan bahwa upacara acara sedang dimulai. Petugas pengibar bendera kali ini adalah tim paskibra putri

Upacara dipimpin oleh Muhammad Farhan santri kelas 6 TMI. Sedangkan pembimbing upacara adalah Ust. Hendrizal Rasyid, S.S. dalam sambutannya beliau menyampaikan tentang panca jiwa pondok dan makna pramuka. Beliau mengingatkan tentang pramuka yang Islami dan mendidik, dan juga tentang Dharma Pramuka yang bermakna mencintai lingkungan. “kalau kita cinta lingkungan, kita juga akan cinta pada kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar” begitu tegasnya.

Di akhir upacara diakhiri dengan pembacaan do’a. Setelah upacara dibubarkan dilanjutkan dengan pendirian tenda dan sebelum itu diisi dengan pengarahan oleh panitia dari santri kelas 6 TMI yang  menjelaskan tentang kegiatan yang akan dijalani santri selama 2 hari.

Kegiatan di hari pertama Perkutsyi berupa pembekalan dan penyampaian materi-materi dan beberapa skills tentang kepramukaan oleh kakak-kakak pembimbing. Lalu di hari kedua (4/8) santri seluruhnya dikenalkan tentang mencari jejak melalui permainan wide game, permaianan yang mendidik tanggungjawab dan kekompakan.

PSB_3567 PSB_3585 PSB_3615 PSB_3617 PSB_3640 PSB_3648 PSB_3662

 

Comments

comments

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *