Khutbatul Arsy; Mengenalkan Pesantren Secara Utuh

Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy merupakan salah satu media pendidikan di Pesantren Darul Muttaqien untuk mengenalkan Pesantren secara menyeluruh tentang kegiatan-kegiatan yang ada.

Pekan perkenalan ini akan berlangsung dengan berbagai rentetan kegiatan seperti perkemahan, berbagai perlombaan, dan pentas seni. Ini semua dilaksanakan bertujuan memahamkan visi misi pesantren supaya tidak salah persepsi, seperti yang diungkapkan oleh H. Turkamun, S.Ag beliau mengatakan “Jangan seperti kera ketika memakan buah manggis, yang digigit hanya kulitnya yang rasanya pahit, padahal dibalik kulit yang pahit tersebut terdapat isi buah manggis yang rasanya manis dan lezat”.

Itulah pentingnya Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy ini, sehingga santri tidak salah pandang atau salah menafsirkan terhadap pesantrennya, tidak hanya melihat dari sisi luarnya saja.

Acara tersebut dilaksanakan selama 2 hari sejak selasa (18/7) lalu hingga rabu (19/7) hari ini, adapun tempatnya dilaksanakan secara terpisah. Santri putri bertempat di aula serba guna sedangkan santri putra di masjid putra.

Turut mengisi dalam acara tersebut antara lain adalah Ust. H. Turkamun, S.Ag dan Ust. Dr. Ahmad Sastra, M.M yang memaparkan tentang Pesantren dan sejarah pesantren. sedangkan Ust. Hendrizal Rasyid, S.S, ust. Abdullah Hudri, S.S, ust. Aqshodi Rakadi, M.Pd dan ust. Yasin Dahlan, S.E memaparkan kurikulum pesantren (pendidikan & pengajaran), ust. Salim RD, S.Sos.I dan usth. Dewi Primadona, S.S memaparkan tentang disiplin, bahasa dan ekskul. Di hari kedua pelaksanaan ust. Imron Wachidi, S.Pd, ust. Suwardi, S.Pd, ust. Iwan Bagja Nurimawan, S.Sos.I dan usth. Karwati S.Si menjelaskan tentang organisasi, asrama, peraturan dan tata tertib pesantren.

Mengenal dan memahami orientasi pesantren sangatlah penting bagi seluruh santri, pemahaman dan pengenalan tidak cukup sekali, tapi harus dilakukan berkali-kali guna mengingatkan semua tentang tujuan pendirian pesantren. Maka dari itu, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun pendidikan baru. (fhd)

Comments

comments

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *