Ujian untuk Belajar, Bukan Belajar untuk Ujian

Sabtu (2/12), adalah hari pertama santri Pesantren Darul Muttaqien kelas 1 s/d kelas 5 menghadapi ujian tulis Penilaian Akhir Semester (PAS 1). Sebelumnya mereka juga sudah dihadapkan dengan ujian lisan terlebih dahulu selama 4 hari dari senin (27/11) hingga kamis (30/11) lalu, ujian lisan tersebut meliputi bahasa Arab, bahasa Inggris dan Al-Qur’an. Sedangkan ujian untuk santri kelas 6 TMI dilaksanakan pada kamis (23/11) hingga kamis (30/11) lalu.

Sebelum dimulai ujian, dihari pertama diadakan upacara pembukaan ujian dengan tujuan memberikan arahan. Pengarahan disampaikan oleh  Kepala Divisi Pengawas Pendidikan Ust. H. Turhamun, S.Ag. beliau mengingatkan seluruh santri untuk fokus, serius dan bersungguh-sungguh dalam menghadapi proses Penilaian Akhir Semester 1 ini.

Tidak lupa beliau menyampaikan untuk menjaga stamina serta kesehatannya selama proses ujian ini berlangsung selama 11 hari, karena sebagian santri pasti akan belajar hingga malam, kemudian bangun tengah malam untuk tahajud dan sebagainya.

Dalam menghadapi ujian ini, Ust. H. Turhamun, S.Ag menegaskan bahwa bersungguh-sungguh dalam balajar itu penting, akan tetapi semua usaha itu tidak akan ada nilainya tanpa do’a kita dan memohon dukungan do’a dari orang tua dan guru-gurunya. “anak-anak diharapkan serius dan fokus dalam menghadapi ujian, dan jangan lupa untuk selalu taat dan hormat kepada gurunya” begitu ungkap beliau menutup upacara.

Dalam proses ujian di Pesantren Darul Muttaqien, setiap ruang ujian diawasi oleh 3 pengawas yang terdiri dari 1 dari pendidik dan 2 lagi adalah santri TMI kelas 6.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *