Gerhana Bulan; Santri Darul Muttaqien Gelar Shalat Khusuf Berjama’ah

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menjelaskan bahwa pada tanggal 31 januari 2018 akan terjadi fenomena Gerhana Bulan, fenomena pada saat gerhana bulan total ini juga disebut sebagai “Super Blue Blood Moon” dan berlangsung selama hampir 1 jam.

Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menghimbau masyarakat Indonesia untuk melakukan shalat gerhana bulan (shalat khusuf) pada saat terjadi gerhana bulan yang juga bertepatan dengan 14 Jumadil Ula 1439 H. (suaramuslim.net)

Rabu (31/1) malam, Pesantren Darul Muttaqien ajak seluruh santri untuk melaksanakan sholat gerhana bulan (sholat khusuf). Hal ini pernah dicontohkan oleh Rasulullah SAW saat terjadi gerhana pada zaman beliau, beliau mengajak untuk berdzikir, berdo’a dan memohon ampun kepada Allah. Sebagaimana sabdanya: “sesungguhnya matahari dan bulan adalah salah satu tanda dari tanda-tanda kekuasaan Allah SWT, keduanya tidak menjadi gerhana disebabkan kematian seseorang atau kelahirannya. Bila kalian mendapati gerhana, maka dirikanlah shalat dan berdo’alah hingga selesai fenomena itu” (HR. Bukhari, Muslim dan Ahmad)

Fenomena yang tergolong langka dan sangat jarang terjadi ini menjadi kesempatan untuk memberikan pembelajaran kepada santri untuk selalu bersyukur dan mengagumi ciptaan Allah SWT. Selain diajarkan di kelas, santri mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan sholat khusuf tepat pada saat gerhana terjadi.

Pelaksanaan sholat dilaksanakan usai sholat isya’ berjama’ah di masjid putra untuk santri putra, dan yang menjadi imam adalah M. Ammar Maulana, sedangkan yang berdiri sebagai khotib adalah Daffa Asfahanif, dan Ahmad Sobri sebagai bilal, mereka adalah santri kelas VI TMI, sedangkan santri putri melaksankaan sholat khusuf di gedung serbaguna, dan yang menjadi imam, dan khotib adalah ust. Iwan Bagja, S.Sos.I. Usai sholat khusuf seluruh santri melanjutkan untuk berdzikir dan berdoa. Dengan begitu santri secara langsung mengetahui cara melaksanakan shalat gerhana.

Comments

comments

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *