Outbond Santri Kelas 2 TMI; Membangun Santri yang Berpanca Jiwa

Pendidikan di Pesantren Darul Muttaqien tidak hanya terbatas pada pemberian materi ajar di kelas atau asrama saja, akan tetapi kegiatan belajar di alam apakah itu outing class, kunjungan lab, museum, pusat sumber belajar, field trip maupun outbond menjadi bagian dari hidden curriculum yang memberi bekal pengalaman hidup bagi santri.

Salah satu bentuk program yang di siapkan Pesantren di luar ruangan adalah dengan melakukan kegiatan yang melatih kebersamaan, kekompakan dan kerjasama, yaitu kegiatan Outbond. Kegiatan ini dipilih sebagai salah satu bentuk pola pendidikan rutin diadakan tiap tahun khusus kelas 2 TMI yang efektif, karena Outbond disajikan dalam berbagai macam bentuk edugame yang mampu melatih kekompakan dan ukhuwah.

Rabu (10/1), Pesanten Darul Muttaqien mengadakan kegiatan outbond yang diikuti oleh santri kelas 2 TMI putri yang berjumlah 125 santri. Kegiatan diadakan di Pelita Desa Village Ciseeeng. Sedangkan santri kelas 2 TMI putra yang berjumlah 152 santri dilaksanakan pada kamis (11/1).

Didadaknnya kegiatan ini dengan tujuan meningkatkan kebersamaan antar santri, selain itu juga bertujuan membangun kepedulian dan kemandirian, keikhlasan, kesederhanaan, ukhuwah islamiyah serta kebebasan.

Berbagai macam edugame disajikan kepada santri kelas 2, yang mana setiap game mempunyai maksud dan tujuan. Terlihat masing-masing kelompok berusaha keras untuk membangun kerja tim dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh instruktur.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *