Tes Seleksi Santri Baru TMI Tahap Pertama

Jum’at (26/1), telah dilaksanakan tes seleksi calon santri baru TMI tahap pertama. Sebelum calon santri mengerjakan lembar soal seleksi, seluruhnya mengikuti pengarahan terlebih dahulu di masjid putih.

“Tes seleksi ini bukanlah hal yang perlu ditakuti dan dikhawatirkan, akan tetapi ini adalah proses, tujuannya adalah untuk mengetahui modal calon santri, bisa mengaji atau tidak, sudah bisa menulis arab atau belum”, ungkap ust. Hendrizal Rasyid S.S selaku Kepala TMI pada saat pengarahan sebelum tes seleksi dilaksanakan. “kalian berada disini pada hakekatnya adalah menjalankan kewajiban kita yaitu menuntut ilmu di jalan Allah, wasilah untuk mendapatkan ridho Allah”, tambahnya.

Pada saat tes dilaksanakan pada jum’at (26/1) lalu, para calon santri yang ikut tes sudah mulai belajar mandiri, mereka berjalan sendiri tanpa harus didampingi orang tua menuju tempat tes yang ditetapkan, mencari ruang ujian sendiri tanpa dibantu orang tuanya, mereka belajar untuk percaya diri, tidak takut dan berani bertanya ke panitia baik itu pantia dari santri maupun dari ustadz atau ustadzah.

Seleksi yang dilakukan meliputi tes tulis, tes lisan dan kesehatan. Materi tes tulisnya yaitu matematika dasar, tulis Arab, dan bahasa Indonesia. Pada saat calon santri ikuti tes, para orang tua berkumpul di Gedung Serba Guna yang berada di kawasan asrama putri untuk bersilaturrahim dengan Pimpinan dan Pengurus Pesantren, dengan maksud mengenalkan Pesantren Darul Muttaqien agar tidak salah tujuan memasukkan putra-putrinya ke pesantren.

Tes seleksi pada tahap pertama ini diikuti oleh 156 calon santri putra dan 155 calon santri putri yang mendaftar ke jenjang Madrasah Tsanawiwah, dan ke kelas intensif sebanyak 20 calon santri putra dan 22 calon santri putri, ada peningkatan jumlah pedaftar dari tahun lalu.

Comments

comments

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *