Khotmul Qur’an Angkatan XII, Tumbuhkan Generasi Beriman dan Bertaqwa yang Cinta Al-Qur’an

Sudah 12 tahun Pesantren Darul Muttaqien mengkhotmulkan santrinya menggunakan metode qiro’ati, santri berhak mengikuti khotmul qur’an jika sudah mampu membaca Al-Qur’an dengan baik menggunakan metode qiro’ati, serta mampu menggunakan hukum tajwid sampai level gharib.

Ahad (25/2) lalu, Pesantren Darul Muttaqien adakan Khotmul Qur’an yang ke-12 yang dihadiri oleh seluruh santri, dewan guru serta orang tua peserta khotmul. Tahun ini acara diselenggarakan tidak seperti tahun lalu, kegiatan prosesi santri putra dan santri putri diadakan secara terpisah namun di waktu yang sama.

Peserta yang mengikuti Khotmul sudah melalui beberapa tahap seleksi, mulai dari seleksi oleh bagian pengasuhan, lalu mendapatkan pembinaan oleh Pembina qiro’ati antara lain mereka adalah Ust. Abdul Hakim, Ust. Ahmad Zaini Tafsir, Ust. Abdul Kohar, Ustzh. Jelly Apsoh dan Ustzh. Lutfia Amalia, yang pada akhirnya meluluskan sebanyak 64 santri putra dan 64 santri putri.

“Khotmul Qur’an ini sebagai penghargaan, dan bagi para santri yang belum bisa mengikuti Khotmul Qur’an tahun ini kalian tetap belajar agar bisa mengikuti Khotmul Qur’an tahun depan, dan bagi kalian yang sudah mengikuti Khotmul ini janganlah sombong, tetapi ajarkan teman-temannya yang belum bisa” pesan yang sama disampaikan KH. Mad Rodja Sukarta saat memberikan sambutan Khotmul Qur’an di putra dan di putri.

“walau kalian sudah ikuti Khotmul Qur’an, tapi jangan lupa ke tartilan dan kefashihan kalian dalam membaca Al-Qur’an” lanjut Ustzh. Rizki Dwi sebagai pembimbing kegiatan di putri.

Usai prosesi khotmul usai, ada sesi tanya jawab dimana para peserta diuji (Imtihan) dengan berbagai pertanyaan seputar Ilmu Tajwid dan Ilmu Gharib, dewan guru dan wali santri diberi kesempatan untuk memberikan pertanyaan kepada peserta Khotmul Qur’an.

Sebagai penutup acara, KH. Ahmad Musyaffa’ Umar pimpinan Pesanten Wadil Mubarrok menyampaikan tausyiah usai prosesi wisuda dan sesi tanya jawab. (Dita Ananda)

Comments

comments

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *