Perjalanan Edukasi SDIT Darul Muttaqien Di Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Idonesia Indah (TMII) merupakan objek wisata edukasi bertema budaya Indonesia. Taman ini menggambarkan kebudayaan Indonesia mulai dari aspek kehidupan sehari-hari yang ditampilkan dalam bentuk anjungan daerah berarsitektur tradisional. Selain itu, terdapat berbagai sarana rekreasi seperti Museum Air Tawar, Museum IPTEK, Bioskop 5D, Planetarium, Bayt Al-Qur’an dan lain-lain.

Dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan siswa-siswi, pada rabu (31/1) SDIT Darul Muttaqien adakan study tour ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dengan tempat tujuan Sky World, Bayt Al-Qr’an dan studio 5D. kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi SDIT Darul Muttaqien kelas 1 s/d kelas 5 yang berjumlah 399 siswa dan 30 guru pembimbing.

Tempat pertama yang dikunjungi adalah Sky World, disana seluruh siswa mengetahui tentang macam-macam bintang, planet, komet, meteor, benda-benda langit yang begitu mempesona, kini mereka bisa mengetahuinya secara langsung, melihat bintang-bintang dan benda langit yang ada persis di atas langit TMII, tapi secara digital.

Tempat edukasi yang dikunjungi selanjutnya  adalah Museum Bayt Al-Qur’an. Anak-anak bisa melihat Al-Qur’an terbesar dan terkecil di Indonesia berukuran 1 x 1,5 cm. Selain itu, dengan mengunjungi museum ini mereka dapat banyak mengetahui mengenai sejarah Islam di Nusantara, terdapat juga Al-Qur’an dengan huruf Braille.

Selanjutnya mereka diajak masuk studio 5D, hal yang menarik dari wahana ini adalah tayangan yang tampak nyata karena kursi yang dinaiki bergerak dan goyang sesuai dengan tayangan dan itu cukup membuat anak-anak deg-degan.

Sebanyak 7 bus rombongan berangkat dan kembali dengan membawa pengalaman, pengetahuan, dan wawasan baru yang mereka dapatkan, karena pada hakekatnya pengetahuan tidak hanya didapatkan di dalam kelas saja, melainkan kegiatan seperti outing class, study tour, maupun kunjungan-kunjungan ke museum juga merupakan bagian dari proses pendidikan.

Comments

comments

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *