Rapat Anggota Tahunan Koperasi Darul Muttaqien; Membangun Kemandirian Ekonomi Pesantren

“Cita-cita pesantren untuk membangun kemandirian ekonomi pesantren adalah semata-mata untuk meningkatkan kualitas pendidikan”, demikian Drs. KH.  Mad Rodja Sukarta menyampaikan arahannya dalam RAT Koppontren Darul Muttaqien, yang diselenggarakan pada hari Jum’at (13/4) di ruang  Pertemuan Guru dan dihadiri oleh seluruh pengurus dan anggota koperasi, yang sampai saat ini total jumlah anggotanya sebanyak 252 orang.

Beliau memaparkan bahwa idealnya seorang guru atau pendidik sudah tidak memikirkan lagi kebutuhan dasarnya, baik sandang, papan,  pangan.  Suatu hal yang sangat tidak profesional bila seorang pendidik, sambil mengajar sambil jualan,  sambil ngajar sambil ngojek,  sambal ngajar sambil yang lainnya untuk menambah pendapatan bulanan atau hariannya.  Sehingga anak-anak didiknya menjadi tidak terurus, tambah Kyai yg juga menjadi Ketua FKUB kabupaten Bogor ini.

Dalam laporannya ust. Aos Abdul Gaos menyampaikan bahwa tahun ini PHU Koppontren Darul Muttaqien naik kurang lebih 28.8%, yaitu sebesar 423 juta rupiah. Hal ini juga memicu meningkatnya simpanan sukarela dari anggota untuk mengembangkan koperasi.

Namun selain semakin meningkatnya PHU, tahun ini ada beberapa hal yang menjadi catatan baik dari pimpinan pesantren selaku penasehat, maupun dari pengurus koppontren, diantaranya: semakin menggali potensi ekonomi pesantren, melakukan pengembangan-pengembangan nyata dari unit-unit usaha yang ada. Selain itu tentunya juga berusaha membuka unit-unit usaha baru.

Dan akhirnya tepuk tangan yang meriah dari anggota mengiringi berakhirnya laporan pengurus sebagai tanda diterimanya laporan pengurus pada tahun buku 2017. (HGR)

Comments

comments

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *