Santri Putri Ramaikan Isra’ Mi’raj dengan Seminar Dakwah

Sabtu (14/4), bertepatan dengan peringatan Isra’ Mi’raj Rasulullah saw 27 Rajab, bagian Pengasuhan putri adakan acara seminar dakwah yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna (GSG). seminar kali ini membahas tentang pendalaman tentang ilmu-ilmu syi’ar atau dakwah Islamiyah, khususnya tentang Syarhil Qur’an, Qori’/ Qoria’ah  dan Sari Tilawah.

“Syarhil Qur’an yang berarti menjelaskan kalamullah atau menerangkan Al-Qur’an, ia juga merupakan salah satu jenis perlombaan mendeskripsikan kandungan Al-Qur’an yang disampaikan dalam bentuk ceramah, yang terdiri atas pensyarah, qori’/ qori’ah, dan sari tilawah”, jelas kak Fahmi Hidayatullah, S.Ag sebagai pemateri acara tersebut. “Pensyarah dituntut memiliki ketrampilan, keilmuan, pengalaman yang cukup, dan menguasai ilmu tabligh”, tambahnya.

Sedangkan pemateri selanjutnya kak Syah Ghina Rahmi Lubis memaparkan “qori’ atau qori’ah harus memiliki kemampuan membaca terutama mushaf utsmani, menguasai ilmu tajwid, menguasai seni baca Al-Qur’an, menyesuaikan lagu dengan isi kandungan ayat”, jelasnya.

Berbeda juga dengan sari tilawah, dijelaskan oleh kak Ayu Sariyani Harahap bahwa sari tilawah adalah menerjemahkan ayat yang dibacakan oleh qari/ qori’ah dengan intonasi dan mimik yang sesuai dengan terjemahannya. “sari tilawah harus memiliki talenta vocal yang bagus, penghayatan yang mendalam, menguasaia ekspresi dalam bahasa lisan dan gestur tubuh, menguasai tehnik khitobah dan mampu menerjemahkan dengan baik”, paparnya.

ketiga pemateri masing-masing menjelaskan dengan memberikan contoh dan mempraktekkannya, sehingga santri memahami perbedaan antara syrarhil qur’an, sari tilawah dan qori’ atau qori’ah.

santri memperingati Isra’ Mi’raj bukan hanya dengan mengadakan beberapa seminar maupun pengajian, pengurus OPDM putri juga ikut ramaikan dengan mengadakan lomba drama antar kamar di setiap masing-masing asrama.

Comments

comments

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *