Hari Raya Idul Adha: Ajarkan Semangat Berkurban

Rabu (22/8), Pimpinan pesantren, dewan guru, karyawan, santri dan juga sebagain orang tua santri berkumpul melaksanakan sholat ied di lapangan Ummul Quro’. Bertindak sebagai imam, Khabibulabibah dan khotib adalah Dany Akmal. TB Garry tampil membacakan laporan panitia Idul Adha 1439 H dan Kiyai Rodja memberikan tausiyah tentang Idul Adha.  “berqurban bukan hanya semata semangat pesta daging ingat, tapi semangat berqurban adalah semangat berkorban seperti yang diajarkan oleh nabi Ibrahim AS, disitu ada ujian keimanan sebagai hamba Allah Swt”.

Idul Adha di Pesantren Darul Muttaqien selalu dijadikan sebagai ajang bersemangat dalam berbagi. Kegiatan yang dikoordinir oleh santri kelas 5 TMI ini, sebagai sarana belajar berbagai kemanfaatan pada sesama, pada masyarakat sekitar juga umat Islam yang jauh dari pesantren.

Tahun ini  hewan qurban yang terkumpul berjumlah 126 ekor domba dan 6 ekor sapi, dari total tersebut 56 ekor domba dan 4 ekor sapi dipotong di pesantren Darul Muttaqien, 35 ekor domba dan 2 ekor sapi dipotong di masjid Al-Hikmah Al-Mubarokah untuk dibagikan kepada warga desa Jabon Mekar, sedangkan 35 ekor lagi disebar ke berbagai mushola-mushola lainnya. Sesuai dengan amanat pimpinan pesantren bahwa yang mengelola, yang mengatur semuanya adalah santri, guru-guru hanya mengarahkan, yang menyembelih, yang menguliti, yang membagikan ke masyarakat semuanya santri. (cindi, disya, salsabilah)

Comments

comments

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *