Pendidikan Amanah Melalui Laporan Pertanggungjawaban dan Pelantikan Pengurus OPDM Baru

Setelah berakhirnya pemilihan ketua OPDM baik putra maupun putri pada rabu (29/8) lalu, maka tiba saatnya pengurus lama untuk menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban atas program-program yang telah mereka susun dan melaporkan hasil kerja yang telah terlaksana selama periode kepengurusan mereka, serta pelantikan pengurus OPDM yang baru pada kamis (30/8). Kegiatan dilaksanakan secara terpisah, bertempat di aula Damaskus untuk santri putra dan di gedung serba guna (GSG) untuk santri putri.

Sebelum pembacaan laporan dari pengurus lama, acara ini diawali dengan sambutan  oleh kepala divisi pengawas pendidikan ust. H. Turhamun, S.Ag, M.Pd dan kepala pengasuhan putri ust. Iwan Bagja Nurmawan, S.Sos.I. Dalam pidatonya ust. Iwan Bagja, beliau mengingatkan akan pentingnya kegiatan ini, “semuanya harus paham, seluruh santri harus mengikuti kegiatan ini, karena Laporan Pertanggungjawaban ini adalah pendidikan, pendidikan tentang amanah” ujarnya kepada santri putri.

“Pendidikan bukan hanya berbatas ruang kelas, tapi dimanapun dan apapun yang kita lakukan adalah pembelajaran, dalam acara ini pengurus lama balajar menyampaikan amanah yang telah mereka kerjakan, pengurus baru belajar untuk menjalankan amanah yang akan mereka emban selama setahun kedepan, sedangkan santri yang lain juga belajar dengan melihat kakak-kakaknya mengemban dan menjalankan amanah”, tambahnya.

Sama halnya juga ust. H. Turhamun, S.Ag, M.Pd menyampaikan kepada santri putra “setiap denyut nadi pesantren itu adalah pendidikan, setiap gerak langkah Pesantren itu adalah pendidikan”, begitu beliau menegaskan pentingnya kegiatan ini.

Beliau juga menambahkan bahwa pesantren itu punya prinsip “siap memimpin dan siap dipimpin, maka, berbanggalah hidup di pesantren, pengalaman seperti ini tidak bisa didapatkan dengan mudah, maka dari itu akan menjadi pengalaman yang sangat berharga” ungkapnya.

Setelah laporan selesai dibacakan satu-persatu, dilanjutkan dengan serah terima amanat kepada pengurus baru Tubagus Gery Grafian (OPDM putra) dan Mutia Herlina (OPDM putri), serta pelantikan pengurus masa bhakti 2018-2019 untuk melanjutkan estafet perjuangan Organisasi Pelajar Darul Muttaqien (OPDM) dengan harapan pengurus baru dapat menjadi yang lebih baik dan belajar dari kekurangan pada kepengurusan sebelumnya. (Najmi, Ghina, Rifdayani & Alya)

Comments

comments

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *