Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-57; Mencetak Generasi Muda yang Tangguh dan Berdisiplin

Pramuka, satu kata beribu makna, suatu wadah berjuta manfaat kegiatan pramuka di lingkungan pesantren adalah suatu proses pembentukan kepribadian kecakapan hidup dan aklhaq yang mulia, yang dikemas dan dilakukan dengan cara penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan yang tercantum dalam tri satya dan dasa dharma pramuka yang berlandasakan nilai keislaman.

Selasa (14/8) pagi, Pesantren Darul Muttaqien melaksanakan uparaca peringatan Hari Pramuka yang ke-57 di lapangan putra yang dimulai pada pukul 07.30. Upacara diikuti oleh seluruh santri TMI dan SMPIT beserta seluruh pendidiik TMI dan SMPIT berseragam pramuka.

Kali ini Sabrina Zahra, santri putri kelas 6 TMI bertugas sebagai pembina upacara HUT Pramuka ke-57 menyampaikan dalam pidatonya “10 gerakan moral pramuka (Dasa Dharma Pramuka) bukan hanya dilontarkan, bukan hanya diucapkan atau disebutkan saja, tapi juga harus diamalkan, dilaksanakan dan dibiasakan dikehidupan sehari-hari, karena nilai-nilai tersebut banyak memberikan manfaat dalam kehidupan, terutama yang didalamnya mencakup nilai kepesantrenan yang dapat mendorong kepada kebaikan yaitu disiplin”.

Lalu ia menegaskan “tidak akan ada kesuksesan tanpa adanya kedisiplinan, tarjunnajaata wa lam tasluk masaalikaha, wa’lam annassafinata la tajri ‘alal yabas, jika kamu mengharapkan kesuksesan tapi kamu tidak berjalan pada jalan kesuksesan tersebut maka ketahuilah bahwa sesungguhnya perahu bisa tidak berlayar di daratan”, begitu tegasnya.

Usai upacara dilaksanakan, dalam rangka meramaikan hari pramuka ini, kegiatan Pembelajaran di kelas diganti dengan diadakannya seminar kedisiplinan dengan tema “Membangun sikap disiplin dengan Pramuka” untuk santri putra, sedangkan santri putri mengadakan kegiatan Parade Semaphore dan Masak Rimba.

Comments

comments

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *