Rayakan Tahun Baru Islam, Santri Adakan Gerakan Bersih-Bersih Masjid dan Mushollah Sekitar Pesantren

Usai laksanakan pawai obor dan doa bersama pada senin (10/9) malam, santri Darul Muttaqien isi tahun baru Islam 1 muharram 1440 pada hari selasa (11/9) pagi dengan melakukan bersih-bersih masjid dan mushollah warga desa Jabon Mekar yang ada di sekitar Pesantren. Karena masjid / mushollah adalah tempat utama umat muslim untuk beribadah sehingga penting untuk menjaga kebersihan dan kenyamanannya guna mencapai hati yang bersih.

Yang dilakukan santri adalah menyapu lantai lalu mengepelnya, membersihkan ventilasi, mengelap dan membersihkan kaca, membersihkan kamar mandi, membersihkan dan menyikat tempat wudhu, dan membersihkan sampah yang ada di sekitar mushollah atau masjid hingga sampai perjalanan. Kegiatan positif ini diadakan sebagai bentuk kepedulian santri terhadap masyarakat, terutama kebersihan mushollah-mushollah. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu wujud nyata dari santri untuk membantu masyarakat menerapkan perilaku hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari.

Ada 20 masjid dan mushollah, sebagian santri disebar ke beberapa masjid dan mushollah tersebut, sebagian membersihkan sekitar pesantren, tiap 1 kelas membersihkan 1 mushollah dengan dibimbing oleh kakak kelas aliyah dan wali kelasnya.

Comments

comments

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *