TMI (MTs dan MA)

TMI Darul Muttaqien

TMI (Tarbiatul Muallimin Wal Muallimat Al-Islami) menyelenggarakan dua jenjang pendidikan formal yang masing-masing sudah berakreditasi A, yaitu : Madrasah Tsanawiyah yang didirikan pada tahun 1988 dan Madrasah Aliyah (MA) yang didirikan pada tahun 1992. Kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum pesantren yang dipadukan dengan kurikulum dari Depag dan Diknas. Dengan penerapan kurikulum tersebut, diharapkan santri memiliki nilai tambah dalam belajar, serta lulusan TMI dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi.

Tujuan Pendidikan TMI Darul Muttaqien
1. Menanamkan aqidah Shohihah dan Akhlak Karimah
2. Meningkatkan Intelektualitas
3. Membentuk sikap mandiri
4. Mengembangkan keterampilan hidup

Aspek-aspek Tujuan pendidikan :
1. Intelektual (wawasan, IQ, Ilmu pengetahuan, Spesifikasi)
2. Emosional (Sikap, Panca jiwa pondok)
3. Spritual (Aqidah, Akhlaq, Ibadah)
4. Keterampilan (Bahasa, Kepemimpinan, Kesenian, Olah raga)

Kegiatan Ekstrakulikuler
Wajib :
Muhadhoroh (latihan pidato) dan Pramuka

Pilihan :
Komputer, KIR, Tata Boga, Angklung, Guitar, Seni Tari, Teater, Marawis,Paduan Suara, Kaligrafi/Melukis, Tilawah, Seni Beladiri (Wushu dan Tapak Suci)

Kompetensi dasar yang hendak dicapai oleh TMI adalah : “Anak mampu memahami dan mengerjakan praktek-praktek ibadah dengan menguasai dasar-dasar keimanan serta mampu berkomunikasi dalam bahasa Arab dan Inggris”

Kegiatan Akademik
TMI Pondok Pesantren Darul Muttaqien menyelenggarakan kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara klasikal, setiap kelas diajar oleh satu orang guru atau lebih sesuai dengan mata pelajaran yang telah tersusun sesuai jadwal.

Setiap guru yang hendak mengajar terlebih dahulu mendapatkan pelatihan reguler setiap awal semester baik sebagai pendalaman atas materi bahan ajar maupun  dalam rangka memperkaya metodologi pengajarannya. Jumlah jam pelajaran di TMI Darul Muttaqien adalah 44 jam pelajaran perminggu, setiap jam pelajaran mendapatkan alokasi waktu 40 menit dan istirahat selama 30 menit setiap 3 jam pelajaran. Kegiatan KBM ini dimulai jam 06.40 s/d 14.50 setiap hari kecuali hari Jum’at yang merupakan hari libur KBM TMI.

3 Replies to “TMI (MTs dan MA)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *