SHOPPING CART

close
Berita

Santri SMPIT Tambah Wawasan dan Mengenal Lebih Dekat dengan Istana Kepresidenan Melalui Outing Class

Tercatat bahwa Indonesia memiliki enam istana kepresidenan, salah satunya adalah Istana Cipanas. Istana Cipanas merupakan Istana Kepresidenan tertua di Indonesia yang dibangun oleh kolonial Belanda tahun 1740 pada masa kepemerintahan Gubernur Gustav W. Baron Van Imhoff.

Hal inilah yang mendorong SMPIT untuk mengetahui lebih dekat, untuk itu diadakanlah kegiatan Outing Class. Kamis (23/1), SMPIT Darul Muttaqien adakan kunjungan ke Istana Kepresidenan yang berada di Cipanas Cianjur, yang diikuti oleh seluruh santri SMPIT kelas 7 dan 8. Kegiatan Outing Class merupakan kegiatan yang rutin diagendakan oleh SMPIT setiap tahunnya.

Salah satu pemandu menjelaskan bahwa luas area kompleks istana ini kurang lebih 26 hektar, tapi hanya 7.760 m2 yang digunakan untuk bangunan. Selebihnya dipenuhi dengan tanaman dan kebun tanaman hias, kebun sayur dan tanaman lain yang ditata seperti hutan kecil.

“Inilah yang disebut sebagai Gedung Bentol.” Terang sang pemandu saat sampai di depan Gedung Bentol. Ternyata yang disebut gedung bukan seperti gedung yang mereka bayangkan, yaitu berbentuk bangunan besar dan tinggi bertingkat, melainkan hanya sebuah bangunan kecil di tengah taman. Sang Pemandu mengatakan “Gedung ini merupakan tempat Presiden pertama Ir. Soekarno merenung dan mencari inspirasi untuk membuat beberapa pidato kepresidenannya.” dan Gedung Bentol adalah penjelasan terakhir dari sang pemandu.

 

Tags:

Darul Muttaqien

0 thoughts on “Santri SMPIT Tambah Wawasan dan Mengenal Lebih Dekat dengan Istana Kepresidenan Melalui Outing Class

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.