Motto Pesantren
Selasa, 21 Mei 2024
  • Pesantren Darul Muttaqien: Satu dalam aqidah, toleransi dalam khilafiyah, berjama'ah dalam ibadah...
  • Pesantren Darul Muttaqien: Satu dalam aqidah, toleransi dalam khilafiyah, berjama'ah dalam ibadah...
28 September 2023

Selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriyah

Kam, 28 September 2023 Dibaca 458x Berita
Selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan peringatan maulid ini, kita dapat meneladani, mengamalkan ajarannya, mendapatkan berkah dan syafaat beliau. Aamiin.

Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah yang lahir pada tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Hijriyah. Tanggal ini dirayakan oleh umat Islam sebagai Maulid Nabi, yaitu hari kelahiran Rasulullah.

Beberapa amalan yang bisa kita lakukan di peringatan maulid nabi ini adalah

1. Perbanyak sholawat
Peringatan maulid nabi mendorong kita semua untuk senantiasa memperbanyak sholawat pada Baginda Rasulullah, sesuai dengan surat Al-Ahzab ayat .
“Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bersholawat pada Nabi. Hai orang-orang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkan salam penghormatan,” QS Al-Ahzab:56.

2. Bersedekah
Bersedekah adalah salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya kepada manusia. Bersedekah juga merupakan salah satu sunah Nabi Muhammad SAW yang sangat dianjurkan.

3. Mengikuti Sunah Rasul
Mengikuti sunah Rasul adalah cara terbaik untuk meneladani Nabi Muhammad SAW dalam segala hal. Umat Islam harus berusaha untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan ajaran Al-Qur’an dan sunah Rasulullah SAW. Pasalnya, itulah hal yang paling dicintai oleh Allah SWT dan Rasul-Nya.

4. Berzikir
Melalui zikir, manusia mengingat Allah SWT sebagai pencipta segala sesuatu. Berzikir juga termasuk salah satu cara untuk menyampaikan rasa syukur atas nikmat-Nya. Pada akhirnya, berzikir dapat membantu manusia untuk menjadi makhluk yang lebih beriman, bertakwa, dan berakhlak.

5. Memperbanyak Membaca Al-Qur’an
Al-Qur’an adalah firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pemberi petunjuk dan rahmat bagi seluruh alam.  Jika seorang muslim membaca Al-Qur’an, ia dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari ayat-ayat yang berkaitan dengan kehidupan Nabi Muhammad SAW dan rasul-rasul sebelumnya. Selain itu, membaca Al-Qur’an juga memiliki keutamaan yang besar. Sebab, inilah syafaat di hari akhir.
Rasulullah SAW bersabda: “Bacalah Al Qur`an, karena ia akan datang memberi syafaat kepada para pembacanya pada hari kiamat nanti.” (HR. Muslim)
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Sekilas Darul Muttaqien

Pondok Pesantren Darul Muttaqien terletak di wilayah desa Jabon Mekar Kecamatan Parung Kabupaten Bogor Jawa Barat. Resmi didirikan pada tanggal 18 Juli 1988 M.

Agenda

01
Sep 2023
28
Agu 2023
waktu : 08:00
06
Agu 2023

Kunjungan Tamu

  • Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan kualitas pelayanan di Pondok Pesantren Modern Al-Bayan IBS Rumpin Bogor, pengurus Pesantren Al-Bayan mengadakan kunjungan silaturrahim dengan pengurus Pesantren Darul Muttaqien pada Ahad (14/1) lalu. Pengurus pesantren Al-Bayan yang datang berjumlah 11 orang pendidik ini dengan akrab berbincang-bincang dengan pimpinan pesantren Darul Muttaqien, obrolan santai tentang manajemen dan pengelolaan atau pelayanan serta kurikulum pesantren disampaikan oleh pengurus Pesantren Darul Muttaqien secara bergantian. semoga dengan adanya kunjungan ini, tali silaturrahim bisa kita bisa saling terjaga untuk kemajuan kejayaan Islam, aamiin…