Motto Pesantren
Selasa, 14 Jun 8889
  • Pesantren Darul Muttaqien: Satu dalam aqidah, toleransi dalam khilafiyah, berjama'ah dalam ibadah...
  • Pesantren Darul Muttaqien: Satu dalam aqidah, toleransi dalam khilafiyah, berjama'ah dalam ibadah...
13 Februari 2023

Gagak 13 Santri Putri dan Gagak 17 Santri Putra, Menjadi Pelopor Terdepan dalam Merawat dan Membangun Peradaban Bangsa

Sen, 13 Februari 2023 Dibaca 1422x Berita

Gagak merupakan kegiatan lomba kepramukaan tingkat penggalang dan penegak yang rutin diselenggarakan tiap tahunnya oleh Pesantren Darul Muttaqien, kegiatan ini sebagai ajang untuk merajut silaturrahim  antar pesantren se-Jawa dan Bali. Setelah 3 tahun selama pandemi covid-19 yang lalu, even Gagak atau perkemahan penggalang dan penegak digelar hanya untuk santri Darul Muttaqien secara internal saja.

Dan akhirnya di tahun 2023 kegiatan ini digelar kembali untuk external. Senin (13/2), Upacara pembukaan kegiatan diselenggarakan secara terpisah antara santri putra dengan santri putri, kegiatan ini disambut dengan meriah oleh lembaga/ pesantren lain, karena even bergengsi yang salah satu tujuannya adalah menggali potensi-potensi terbaik generasi muda ini sudah ditunggu-tunggu semenjak pandemi covid, dan sudah bisa digelar dan diikuti oleh pesantren/lembaga lainnya.

Sebelum kegiataan pembukaan secara resmi dibuka, pimpinan Pesantren Darul Muttaqien KH. Mad Rodja Sukarta menyambut kontingen-kontingen yang sudah hadir ditengah lapangan dengan penuh semangat, beliau sambut kontingen dan beliau berkata, “Pesantren Darul Muttaqien dan pesantren lainnya harus menjadi pelopor terdepan dalam mereawat dan membangun peradaban bangsa ini”. Beliau gelorakan di depan seluruh kontingen yang hadir baik di putra maupun di putri.

Melalui kegaitan kepramukaanlah kadang santri terbentuk menjadi pribadi yang disiplin, bermental kuat, berwawasan luas, kreatif, cakap, terampil dan bertanggungjawab. Wakil pimpinan H. Turhamun, M.Pd pernah menjelaskan di even keparamukaan lainnya, bahwa “lembaga pendidikan yang masih tetap eksis dan rutin melakukan kegiatan kepramukaan dan mengajarkannya adalah pesantren salah satunya”, ungkap beliau.

Hadirnya seluruh peserta Gagak disini, adalah sebagai penggerak. Kepala TMI Ust. Hendrizal Rasyid, S.S mengatakan dalam sambutan penutupan kegiatan pada kamis (16/2), “Kalian adalah orang-orang yang akan menggerakkan ummat, yaitu menggerakkan melalui ta’muruuna bil ma’ruf, wa tanhauna ‘anil munkar, orang yang menyeru kepada kebaikan dan mencegah perbuatan munkar. Karena misi kita adalah meneruskan tugas Rasul megakkan agama Islam di muka bumi ini”, tegas beliau.

Baliau juga melanjutkan bahwa selesainya program ini, beliau berharap hasilnya bukan semata-mata membawa piala-piala, wimple, sertifikat, rasa lelah, keringat, yel-yel, tapi keberhasilan proses pendidikan melalui kegiatan Gagak tahun ini adalah ketika tertancap di dadanya dan di hatinya akhlak mulia, karena piala terbesar dari kegiatan ini adalah akhlak mulia.

Kegiatan perkemahan ini digelar selama 4 hari dari senin-kamis, 13-16 Februari 2023, di dalamnya banyak kegiatan perlombaan bidang ketangkasan, ketrampilan, kedisiplinan, kesenian, keilmuan, kerohanian dan lain-lain. Ajang ini  mampu menggali dan mengembangakan potensi di dalam diri santri untuk mengungcang dunia dengan latar belakang pramuka, kegiatan ini diikuti oleh 26 lembaga/pesantren putra  dan 19 lembaga/pesantren putri,berikut dibawah ini daftar lembaga/ peserta yang ikut berpartisipasi:

 

LIST PESERTA GAGAK 13 (Putri)

  1. Darul Muttaqien 1
  2. Darul Muttaqien 2
  3. Darussalam Ciomas, Bogor
  4. Annawawi Al Bantani, Gunung Sindur
  5. Daarul Ulum Lido, Bogor
  6. Daar El Manshur
  7. Fajrussalam, Bogor
  8. Ibadurrahman, Cileungsi
  9. Darunnajah 8, Bogor
  10. Darunnajah 2, Bogor
  11. Al Inayah, Bogor
  12. Darunnajah 3, Serang
  13. Al Kahfi, Bogor
  14. Madinatunnajah, Tangerang
  15. Darunnajah 9, Pamulang
  16. Darunnajah 5, Banten
  17. La Tansa 1, Banten
  18. Darunnajah 1, Jakarta
  19. Umul Quro Al Islami, Bogor

 

LIST PESERTA GAGAK 17 (Putra)

  1. Darul Muttaqien, Bogor
  2. Al Kahfi, Bogor
  3. Daar El Mansur, Depok
  4. La Tansa 3, Banten
  5. Darunnajah 2, Bogor
  6. Al Ghozali, Bogor
  7. Darul Ulum Lido, Bogor
  8. Ibadurrahman Cileungsi, Bogor
  9. Fajrussalam, Bogor
  10. Nurul Ilmi, Bogor
  11. Al Amin Prenduan, Madura
  12. Darunnajah 8, Bogor
  13. Darunnajah 14, Banten
  14. Al Inayah, Bogor
  15. La Tansa 1, Banten
  16. Al Ihsan, Bandung
  17. La Tansa 2, Banten
  18. Madinatunnajah, Tangerang Selatan
  19. An Nawawi Al Bantani, Bogor
  20. Daar El Rofa, Banten
  21. Riyadhul Jannah, Bogor
  22. Az-Zikra, Bogor
  23. Ar Ridho, Bogor
  24. Wiqen, Bogor
  25. Darunnajah 1 Ulujami, Jakarta
  26. Assalam, Sukabumi

Tulisan Lainnya

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Sekilas Darul Muttaqien

Pondok Pesantren Darul Muttaqien terletak di wilayah desa Jabon Mekar Kecamatan Parung Kabupaten Bogor Jawa Barat. Resmi didirikan pada tanggal 18 Juli 1988 M.

Agenda

01
Sep 2023
28
Agu 2023
waktu : 08:00
06
Agu 2023

Kunjungan Tamu

  • Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan kualitas pelayanan di Pondok Pesantren Modern Al-Bayan IBS Rumpin Bogor, pengurus Pesantren Al-Bayan mengadakan kunjungan silaturrahim dengan pengurus Pesantren Darul Muttaqien pada Ahad (14/1) lalu. Pengurus pesantren Al-Bayan yang datang berjumlah 11 orang pendidik ini dengan akrab berbincang-bincang dengan pimpinan pesantren Darul Muttaqien, obrolan santai tentang manajemen dan pengelolaan atau pelayanan serta kurikulum pesantren disampaikan oleh pengurus Pesantren Darul Muttaqien secara bergantian. semoga dengan adanya kunjungan ini, tali silaturrahim bisa kita bisa saling terjaga untuk kemajuan kejayaan Islam, aamiin…