Motto Pesantren
Selasa, 21 Mei 2024
  • Pesantren Darul Muttaqien: Satu dalam aqidah, toleransi dalam khilafiyah, berjama'ah dalam ibadah...
  • Pesantren Darul Muttaqien: Satu dalam aqidah, toleransi dalam khilafiyah, berjama'ah dalam ibadah...
1 Maret 2022

Peringatan Isra’ Mi’raj 1443 H

Sel, 1 Maret 2022 Dibaca 910x Berita

Perayaan yang rutin dilaksanakan pada tanggal 27-28 Rajab setiap tahun, kini dilaksanakan pada tanggal 28 Februari s/d 1 Maret 2022 di gedung olahraga (GOR)  putri. Isra’ Mi’raj adalah salah satu peringatan hari besar Islam yang ikut dirayakan setiap tahunnya oleh seluruh santri di Pesantren Darul Muttaqien. Isra’ yang artinya Perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjid Haram (Makkah) ke Masjid Aqsho (palestina), sedangkan Mi’raj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjid Aqsho menuju Shidratul Muntaha. Peristiwa tersebut terjadi dalam waktu semalam, difirmankan dalam Al-Qur’an surat Al-Isra’ ayat 1, begitulah penjelasan dari tausiyah Ustadzah khumaidah.

Dari peristiwa inilah Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk sholat 5 waktu sehari semalam dan sekarang menjadi kewajiban bagi seluruh umat muslim.

Peringatan Isra’ Mi’raj dimulai sejak Senin (28/2) malam, dengan kegiatan pembacaan rawi dengan seksama dan khusu’ dihadiri oleh seluruh santri. Lalu dilanjutkan hari ini (1/3) pagi, diawali dengan penampilan marawis kemudian tausiyah oleh Ustadzah Siti Khumaidah, serta tausyiah perwakilan santri TMI yaitu Habis Rumania dan Nunung Anggraini juga ikut meramaikan kegiatan, ketiganya membawakan kisah dan teladan dari peristiwa Isra’ Mi’raj.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak seluruh santri untuk terus mengenang dan mempelajari sejarah Nabi Muhammad SAW, semoga kita semua mendapatkan keberkahan dari perayaan ini. Aamiin… (Najmi F & Alya F)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Sekilas Darul Muttaqien

Pondok Pesantren Darul Muttaqien terletak di wilayah desa Jabon Mekar Kecamatan Parung Kabupaten Bogor Jawa Barat. Resmi didirikan pada tanggal 18 Juli 1988 M.

Agenda

01
Sep 2023
28
Agu 2023
waktu : 08:00
06
Agu 2023

Kunjungan Tamu

  • Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan kualitas pelayanan di Pondok Pesantren Modern Al-Bayan IBS Rumpin Bogor, pengurus Pesantren Al-Bayan mengadakan kunjungan silaturrahim dengan pengurus Pesantren Darul Muttaqien pada Ahad (14/1) lalu. Pengurus pesantren Al-Bayan yang datang berjumlah 11 orang pendidik ini dengan akrab berbincang-bincang dengan pimpinan pesantren Darul Muttaqien, obrolan santai tentang manajemen dan pengelolaan atau pelayanan serta kurikulum pesantren disampaikan oleh pengurus Pesantren Darul Muttaqien secara bergantian. semoga dengan adanya kunjungan ini, tali silaturrahim bisa kita bisa saling terjaga untuk kemajuan kejayaan Islam, aamiin…