Kamis, 23 Sep 2021
  • Pesantren Darul Muttaqien : Satu dalam Aqidah, Toleransi dalam Khilafiyah, Berjama'ah dalam Ibadah

Pesantren Adalah Lembaga Pendidikan Perjuangan Keummatan

Pesantren adalah salah satu entitas sosio-pendidikan dan dakwah yang berdiri untuk berhidmat kepada umat. Pesantren tidak akan bisa dilepaskan dari umat dan bangsa. Maju mundurnya umat Islam di masa mendatang sangat bergantung pada kualitas pendidikan hari ini. Bagi bangsa yang ingin maju, pendidikan merupakan sebuah kebutuhan. Sama halnya dengan kebutuhan papan, sandang dan pangan. Orientasi pendidikan pesantren adalah keilmuwan, bukan ijazah. Pendidikan pesantren diharapkan melahirkan generasi pejuang Islam yang mampu menegakkan dan membebaskan Islam dari segala bentuk penjajahan.

Visi pesantren adalah tafaquh fiddin yang melahirkan ulama yang beriman, berilmu dan beramal. Misi utama pesantren adalah melakukan pengkaderan terhadap generasi umat agar bisa menjadi mundhirul qaum saat kembali ke masyarakat. .

Sejarah berdirinya pesantren tentu berbeda dengan sejarah berdirinya lembaga pendidikan non pesantren. Latar belakang berdirinya pesantren diawali oleh sebuah semangat untuk memperjuangkan umat Islam dari segala bentuk penjajahan, baik fisik maupun non fisik. Berdirinya pesantren adalah untuk menyiapkan generasi muslim yang mandiri dan berkualitas sehingga tidak lagi mudah dijajah. Berdirinya pesantren juga dilatarbelakangi oleh semangat perjuangan membela agama Allah. Karenanya setiap aktivitas di pesantren harus dilandaskan oleh semangat untuk beribadah dan semata-mata mengharap ridho dari Allah. Nilai inilah yang berbeda dengan lembaga pendidikan yang lain.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR