Motto Pesantren
Selasa, 21 Mei 2024
  • Pesantren Darul Muttaqien: Satu dalam aqidah, toleransi dalam khilafiyah, berjama'ah dalam ibadah...
  • Pesantren Darul Muttaqien: Satu dalam aqidah, toleransi dalam khilafiyah, berjama'ah dalam ibadah...
28 Februari 2022

Tingkatkan Kemampuan Berpidato Melalui Kegiatan AKDAMISA

Sen, 28 Februari 2022 Dibaca 717x Berita

Menyambut hari besar Islam yaitu Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Organisasi Pelajar Darul Muttaqien (OPDM) santri putri bagian Syiar dan Da’wah mengadakan lomba pidato dengan tema “Gemakan Dakwah Islami, Sambut Bulan Penuh Berkah”, kegiatan dilaksanakan pada Ahad (27/2) malam bertempat di GSG dan dihadiri oleh seluruh santri putri dan dewan guru putri.

Aksi Dakwah Kembar Tiga Bahasa (AKDAMISA) adalah kegiatan kompetisi untuk menyalurkan bakat dan minat santri serta meningkatkan mental santri dalam berdakwah/ berpidato. Peserta AKDAMISA adalah perwakilan tiga orang untuk setiap angkatan yang akan membawakan tiga bahasa yaitu bahasa Arab, bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia.

Menurut Adinda Nur Aisyah yang merupakan salah satu peserta AKDAMISA bahwa acara ini mengajarkan kekompakan dalam bekerja sama demi satu tujuan. Dan juga menjadikan kita untuk lebih percaya diri untuk mengembangkan dakwah islam atau berpidato, ujar Isani, peserta AKDAMISA juga.

Banyak pesan dan nasehat yang disampaikan oleh peserta lomba tentang keutamaan dan amalan di bulan Rajab, yaitu diantaranya puasa sunnah rajab, membaca Al-Qur’an, bersedekah, berdzikir dan memanjatakan do’a, dll. Bulan Rajab dikenal dengan bulannya Allah atau Syahrullah. Sebagaimana hadist riwayat Imam As-Suyuti yang dibawakan oleh salah satu peserta lomba yaitu:

رجب شهر الله وشعبان شهري ورمضان شهر أمتي

Artinya: “Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan ummatku”.

Ketua panitia menyampaikan dalam sambutannya “Hakikatnya dakwah itu bukan hanya berbicara didepan banyak orang, akan tetapi segala perilaku baik dalam diri kita dan membawa kebaikan kepada orang lain”. Dalam hal dakwah tidaklah mudah, maka perlu dilatih dan diberi wadah untuk menyalurkannya dan salah satunya adalah kegiatan AKDAMISA ini.

Akhirnya, kegiatan ini dimenangkan oleh kelas 3 sebagai juara pertama, dan juara kedua diraih oleh kelas 4. Bukan soal menang atau kalah, juara atau tidak, tapi yang menjadi tujuan utamanya adalah santri mampu termotivasi untuk terus belajar khususnya dalam berpidato. Sebagaimana harapan acara ini diselenggarakan yang disampaikan oleh ketua panitia “semoga Acara ini memotivasi semua santri untuk berdakwah di masa yang akan datang. (Mutiara Z & Qismiyah)

Tulisan Lainnya

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Sekilas Darul Muttaqien

Pondok Pesantren Darul Muttaqien terletak di wilayah desa Jabon Mekar Kecamatan Parung Kabupaten Bogor Jawa Barat. Resmi didirikan pada tanggal 18 Juli 1988 M.

Agenda

01
Sep 2023
28
Agu 2023
waktu : 08:00
06
Agu 2023

Kunjungan Tamu

  • Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan kualitas pelayanan di Pondok Pesantren Modern Al-Bayan IBS Rumpin Bogor, pengurus Pesantren Al-Bayan mengadakan kunjungan silaturrahim dengan pengurus Pesantren Darul Muttaqien pada Ahad (14/1) lalu. Pengurus pesantren Al-Bayan yang datang berjumlah 11 orang pendidik ini dengan akrab berbincang-bincang dengan pimpinan pesantren Darul Muttaqien, obrolan santai tentang manajemen dan pengelolaan atau pelayanan serta kurikulum pesantren disampaikan oleh pengurus Pesantren Darul Muttaqien secara bergantian. semoga dengan adanya kunjungan ini, tali silaturrahim bisa kita bisa saling terjaga untuk kemajuan kejayaan Islam, aamiin…