Motto Pesantren
Selasa, 21 Mei 2024
  • Pesantren Darul Muttaqien: Satu dalam aqidah, toleransi dalam khilafiyah, berjama'ah dalam ibadah...
  • Pesantren Darul Muttaqien: Satu dalam aqidah, toleransi dalam khilafiyah, berjama'ah dalam ibadah...
23 Oktober 2023

Ujian Praktek Imamah, Khutbah dan Tahlil Santri Kelas 3 dan Intensif

Sen, 23 Oktober 2023 Dibaca 358x Berita

Menjadi santri identik dengan mengaji, ceramah (berkhutbah), wirid dan amalan-amalan lainnya. Sehingga banyak ditemukan di tengah-tengah masyarakat yang menjadi Imam dalam sholat, pemimpin tahlil, da’i-dai baik itu muda atau tua pasti mereka berasal dari pesantren.

Sabtu-Senin (21-23/10), Pesantren Darul Muttaqien melaksanakan ujian praktek kegiatan IKT (Imamah, Khitobah dan Tahlil) untuk santri putri TMI kelas 3 dan intensif. Kegiatan ini diadakan agar lulus dari pesantren santri siap untuk terjun ke tengah-tengah masyarakat, karena orientasi menjadi santri adalah menjadi orang yang bermanfaat. Sedangkan ujian praktek IKT untuk santri putra dilaksanakan pada selasa-kamis (23-26/10).

Imamah yang berarti seorang pemimpin atau imam dalam sholat, terutama bagi laki-laki menjadi keharusan untuk bisa menjadi imam. Sebelum menjadi imam dalam sholat perlu adanya persiapan, untuk itu adanya pembekalan khusus untuk santri kelas 3 dan intensif, pembekalan dilaksanakan sebelum ujian praktek, dan ini menjadi sangat penting, karena santri masih dalam tahap proses belajar.

Setelah pengarahan dan pembekalan Imamah Khitobah dan Tahlil dilaksanakan, seluruh santri diberi tugas untuk membuat khutbah jum’at (khusus bagi santri putra). Dan setelah itu santri diuji satu-persatu praktek menjadi imam dalam sholat serta memimpin tahlil.

Menjadi santri berarti siap dipimpin dan siap memimpin, maka menjadi imam sholat, memimpin tahlil, serta berkhutbah adalah pendidikan kepemimpinan bagi santri.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Sekilas Darul Muttaqien

Pondok Pesantren Darul Muttaqien terletak di wilayah desa Jabon Mekar Kecamatan Parung Kabupaten Bogor Jawa Barat. Resmi didirikan pada tanggal 18 Juli 1988 M.

Agenda

01
Sep 2023
28
Agu 2023
waktu : 08:00
06
Agu 2023

Kunjungan Tamu

  • Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan kualitas pelayanan di Pondok Pesantren Modern Al-Bayan IBS Rumpin Bogor, pengurus Pesantren Al-Bayan mengadakan kunjungan silaturrahim dengan pengurus Pesantren Darul Muttaqien pada Ahad (14/1) lalu. Pengurus pesantren Al-Bayan yang datang berjumlah 11 orang pendidik ini dengan akrab berbincang-bincang dengan pimpinan pesantren Darul Muttaqien, obrolan santai tentang manajemen dan pengelolaan atau pelayanan serta kurikulum pesantren disampaikan oleh pengurus Pesantren Darul Muttaqien secara bergantian. semoga dengan adanya kunjungan ini, tali silaturrahim bisa kita bisa saling terjaga untuk kemajuan kejayaan Islam, aamiin…